Sempat menjadi seorang General Manager
ternyata tidak membuat Sahat Silalahi puas dengan apa yang ia dapatkan
saat itu. Pria berusia 40 tahun ini ternyata memutuskan untuk menjadi
seorang enterpreneur dan mencari jalan sukses melalui dunia bisnis yang
ia ciptakan sendiri. Ia memilih untuk membuka sebuah bisnis di dunia
kreatif, yaitu lebih kepada penciptaan produk kerajinan tangan. Lalu
bagaimana kisah enterpreneur pria lulusan Sarjana Ekonomi ini? Berikut
ini ulasannya:
Halo Bapak Sahat, bisa diceritakan terlebih dahulu bagaimana latar belakang Bapak masuk menjadi seorang enterpreneur?
Sejak masih dibangku kuliah saya sudah
bekerja dan tidak jauh dari disiplin ilmu yang saya tekuni di bangku
kuliah yaitu accouting, Konsultan Keuangan dan Pajak. Dan terakhir saya
bekerja di perusahaan advertising selama lebih dari 2 tahun sebagai
General Manager. Memang dari segi kenyamanan sangat mencukupi, tapi
tantangan dalam pekerjaan memang relative tidak jauh beda. Sejak 2 tahun
yang lalu saya memutuskan untuk keluar dari zona nyaman, bersiap
menghadapi semua resiko dengan memantabkan diri untuk memulai hal dan
tantangan yang baru yaitu membangun usaha sendiri.
Bisa diceritakan tentang usaha yang Bapak tekuni saat ini?
Saat ini saya memulai sebuah usaha yang
sama sekali berbeda dengan bidang pekerjaan yang selama ini saya tekuni.
Saya mulai membangun sebuah bisnis dibidang kerajinan tangan. Lebih
spesifiknya yaitu kerajinan tangan yang unik, indah dan juga menarik.
Saya menamai bisnis ini yaitu “Kriya Asri Indonesia”. Sesuai dengan nama
usaha dan bidangnya maka yang saya tawarkan adalah produk-produk
kerajinan unik dengan balutan unsur seni dan juga keindahan.
Lalu apa latar belakang Bapak memilih bisnis kerajinan sebagai bidang bisnis Bapak?
Latar belakang pemikiran kenapa saya
memilih jalur usaha dibidang kerajinan adalah bahwa sebagian besar
produk Indonesia yang mampu menembus pasar eksport dan banyak diminati
masyarakat mancanegara adalah produk-produk kerajinan. Memang untuk saat
ini produk yang saya produksi masih untuk konsumsi masyarakat lokal,
sekalian dalam tahap pembelajaran untuk menghasilkan produk dengan
kualitas terbaik, tentunya nantinya berharap produk saya akan mampu
menembus pasar eksport dan diminati masyarakat dunia.
Bagaimana dengan strategi pemasaran yang Bapak lakukan pada bisnis ini? Bisa dijelaskan?
Untuk saat ini pemasaran produk masih
konsentari untuk masyarakat dalam negeri. Disamping penjualan secara
langsung, saya lebih banyak memanfaatkan penjualan online, untuk
mendukung pemasaran dan penjualan maka saya buatkan website online
www.kriya-asri.com,
juga promosi lewat iklan di internet. Dan saya juga membuka peluang
bagi agen/reseller/dropship diseluruh Indonesia yang kebanyakan adalah
penjual – penjual online yang sudah memiliki toko online. Alhasil
sekarang produk Kriya Asri sudah menyebar ke sebagian besar wilayah
Indonesia, bahkan sampai ke pelosok-pelosok.
Lalu bagaimana dengan strategi Bapak dalam menyeimbangkan harga produk dengan kualitas yang ditawarkan?
Saat ini sudah banyak bermunculan orang
yang masuk ke bisnis ini dan memproduksi barang yang sejenis, tapi
tentunya dengan style dan kualitas masing – masing. Munculnya pesaing –
pesaing baru tidak perlu kita anggap sebagai penghalang melainkan
sebagai tantangan untuk dapat selalu meningkatkan kualitas diri dan
produk yang kita hasilkan, karena pangsa pasar dalam negeri saja masih
sangat luas dan masih sangat sedikit yang sudah tersentuh. Persaingan
harga memang pasti ada tapi harus sesuai dengan kualitas produk yang
kita tawarkan.
Nah sampai saat ini, produk apa yang menjadi minat terbesar bagi Kriya Asri ini?
Produk yang banyak diminati masyarakat
adalah Lampu Hias Benang, yang dikemas dalam berbagai model dan
karakter. Dan yang tidak pernah berhenti diminati adalah karakter
kartun.
Apasih yang membedakan bisnis kerajinan Bapak ini dengan bisnis kerajinan lainnya?
Masing-masing produsen lampu hias benang
membuat karakter-karakter atau model yang relative sama. Masyarakat
banyak suka dengan karakter kartun, maka semua produsen lampu hias
benang membuat karakter kartun yang sama. Hal yang membedakan adalah
style dan kwalitas hasilnya. Contohnya: Masing – masing produsen membuat
lampu hias karakter Hello Kitty, hasilnya tidak akan sama, tapi akan
berbeda sesuai dengan style masing-masing. Maka dalam hal ini saya
selalu berusaha membuat produk yang detail dengan kualitas terbaik,
sesuai dengan style Kriya Asri yaitu “The Unique Creations of Art”, jadi
tidak hanya sekedar membuat produk tapi harus memadukan unsur kerajinan
dan seni sehingga terlihat “Unik, Indah dan Menarik”.
Wah kombinasi yang sangat bagus ya
Pak. Lalu pengalaman terbaik apa yang sudah pernah Bapak dapatkan selama
menjalani bisnis ini?
Mampu memunculkan produk yang disukai
masyarakat, dan produk hasil karya sendiri tersebar di seluruh wilayah
negeri merupakan kepuasan tersendiri. Sebelumnya saya tidak mengerti
tentang bidang kerajinan, tapi sejak menjalankan usaha ini saya dituntut
untuk selalu belajar dan belajar untuk dapat meningkatkan kualitas
produk dan memunculkan inovasi baru, itulah pengalaman sekaligus
tantangan yang paling berkesan dalam bisnis ini.
Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini? Dan bagaimana bisnis Anda mampu mengubahnya?
Sebenarnya untuk masa sekarang ini,
dimana minat masyarakat sudah semakin besar terhadap pembelian barang
lewat online adalah merupakan peluang besar bagi kita untuk memasarkan
produk yang kita miliki, karena ruang lingkup pemasaran yang kita miliki
menjadi tidak terbatas wilayah lagi, jadi semua masyarakat di seluruh
Indonesia berpeluang untuk jadi pelanggan kita.
Menurut Anda kendala atau tantangan apa yang mungkin dan yang sudah pernah Anda hadapi selama menjalani bisnis kerajinan ini?
Hal yang menjadi kendala dalam pemasaran
online ini adalah banyaknya oknum yang memanfaatkan peluang pasar
dengan membuat toko online fiktif untuk menipu pembeli, yang secara
otomatis akan dapat menurunkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk
berbelanja lewat online karena takut tertipu. Yang tentunya sangat
merugikan bagi toko – toko online yang ada. Tapi hal ini sekaligus
tantangan buat kita untuk dapat membangun kepercayaan masyarakat dengan
berusaha memberikan pelayanan terbaik dan tentunya dengan produk yang
terbaik juga agar masyarakat yang berbelanja merasa puas, sehingga akan
percaya untuk belanja lagi di lain waktu.
Apa rencana kedepan Bapak untuk mengembangkan bisnis ini?
Dalam bisnis kerajinan seperti ini
dibutuhkan tenaga-tenaga yang trampil dan kreatif. Maka untuk
pengembangan bisnis ini, walaupun agak sulit tapi harus bisa mendapatkan
atau mencetak SDM yang trampil dan berkwalitas agar dapat menciptakan
produk yang berkwalitas dan mampu menembus pasar dunia.
Nah, yang terakhir nih Pak. Adakah saran yang ingin Bapak sampaikan kepada para pembaca seputar dunia bisnis?
Sekarang ini masih bisa dikatakan bahwa
sebagian besar para kaum muda yang masih dibangku sekolah ataupun
universitas berpikir bahwa belajar dan belajar untuk mendapatkan
pekerjaan yang baik di masa depan. Karena memang mereka kurang
mendapatkan pengarahan atau pendidikan yang mampu memunculkan jiwa
entrepreneur pada diri mereka. Dalam hal ini sebenarnya dibutuhkan
paling tidak peran serta pemerintah agar lebih meningkatkan pelatihan
ataupun pendidikan tentang entrepreneur, atau bila penting memasukan hal
ini dalam pendidikan formal sehingga jiwa entrepreneur sudah muncul
sejak dini dalam diri kaum muda Indonesia, dan membuka peluang usaha
serta memberi kemudahan bagi para entrepreneur muda demi kemajuan bangsa
di masa depan.
Wah benar sekali itu Pak, bahwa
pembelajaran tentang dunia enterpreneur bukan lagi hal yang tidak
mungkin untuk dipelajari oleh siswa ataupun mahasiswa saat ini. Dan
semua orang berhak untuk sukses menjadi seorang enterpreneur.
Terimakasih Pak sudah berkenan menceritakan dan memberikan saran bagi
para pembaca Sijek. Semoga Bapak dan Kriya Asri semakin dan selalu
sukses :)